Peran Sosial Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kabupaten Bondowoso: Perspektif Sosiologi Keluarga
The Social Roles of Parents in Supporting the Learning of Children with Special Needs in Bondowoso Regency: A Family Sociology Perspective
DOI:
https://doi.org/10.19184/jes.v14i2.53780Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan individu yang memiliki keterbatasan fisik, mental, maupun sosial yang memerlukan pendampingan khusus, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga. Dalam perspektif sosiologi keluarga, orang tua memiliki peran sosial yang penting dalam mendukung proses belajar dan sosialisasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sosial orang tua dalam pendampingan belajar ABK di Kabupaten Bondowoso dengan menggunakan Family Role Theory dari Reuben Hill dan Ira L. Reiss. Teori ini memandang keluarga sebagai sistem peran sosial yang diorganisasikan berdasarkan norma dan harapan sosial (role expectation), di mana setiap anggota keluarga menjalankan perannya melalui proses penyesuaian dan negosiasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan informan primer dan sekunder. Hasil penelitian diharapkan dapat menggambarkan dinamika peran sosial orang tua sebagai pendidik, pendamping, dan mediator sosial bagi ABK, serta memperlihatkan bagaimana keluarga menegosiasikan fungsi sosialnya di tengah tuntutan pendidikan dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: peran sosial, orang tua, anak berkebutuhan khusus, sosiologi keluarga, Family Role Theory
Downloads
References
Benson, P. (2024). Parent input: Shaping inclusive education for students with special needs. International Journal of Inclusive Education. Taylor & Francis Online. https://doi.org/10.1080/20473869.2024.2381909
Biddle, B. J. (1986). Recent developments in role theory. Annual Review of Sociology, 12(1), 67–92. https://doi.org/10.1146/annurev.so.12.080186.000435
Chafetz, J. S. (1990). Gender equity: An integrated theory of stability and change. Sage Publications.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Sage.
Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. Doubleday Anchor.
Goode, W. J. (1960). A theory of role strain. American Sociological Review, 25(4), 483–496. https://doi.org/10.2307/2092933
Hill, R., & Reiss, I. L. (1957). Contemporary theories about the family: Research-based theories. Free Press.
Huda, N. (2023). The special parents for special children: A qualitative study. Journal of Social Psychology and Society, 5(2), 112–126. Universitas Muhammadiyah Malang. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/pjsp/article/view/27985
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA). (2018). Panduan lingkungan ramah anak inklusif. Jakarta: KEMENPPPA.
Lenski, G. (1963). The religious factor: A sociological study of religion’s impact on politics, economics, and family life. Anchor Books.
Norlena, D. (2015). Peran sekolah dalam pengembangan potensi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 45–53.
Oakley, A. (2016). Housewife. Penguin.
Parsons, T., & Bales, R. F. (1955). Family, socialization and interaction process. Free Press.
Reiss, I. L., & Hill, R. (1968). Family roles and social change. Free Press.
Swidler, A. (1986). Culture in action: Symbols and strategies. American Sociological Review, 51(2), 273–286. https://doi.org/10.2307/2095521
Turnbull, A. P., Turnbull, R., Erwin, E. J., & Soodak, L. C. (2015). Families, professionals, and exceptionality: Positive outcomes through partnerships and trust (7th ed.). Pearson.
UNESCO. (2020). Inclusive education: Ensuring access to education for all. Paris: UNESCO.
Wardiyono, H., et al. (2024). Parental involvement in the education of children with special needs (A case study at El Mafaza Inclusive School). Journal of Humanities and Social Sciences, 8(1), 77–88. Universitas Pakuan. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jhss/article/view/9238
Widyastono, H., et al. (2024). Challenges and needs of parents of students with special needs in inclusive schools. Special Education Journal, 7(2), 210–223. Universitas PGRI Adi Buana. https://jurnal.unipasby.ac.id/special/article/view/9432






