Relasi Kuasa dalam Politik Pendidikan di Indonesia: Perspektif Freire, Gramsci, dan Foucault

Power Relations in Indonesian Educational Politics: Freire, Gramsci, and Foucault Perspectives

Authors

  • novelantika UIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.19184/jes.v14i2.53769

Keywords:

Relasi Kuasa, Politik Pendidikan, Hegemoni,, Emansipasi, Kebijakan

Abstract

Pendidikan merupakan institusi sosial yang tidak pernah netral dari pengaruh politik dan kekuasaan. Ia berfungsi sebagai arena ideologis tempat negara, kelompok dominan, dan masyarakat saling bernegosiasi dalam membentuk kesadaran kolektif. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis relasi kuasa dalam politik pendidikan di Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kajian pustaka yang bersifat integratif-kritis. Analisis difokuskan pada tiga aspek utama, yaitu hakikat politik pendidikan, teori-teori kekuasaan dalam pendidikan menurut Freire, Gramsci, dan Foucault, serta dinamika politik pendidikan di Indonesia sejak masa kolonial hingga era reformasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran ganda: sebagai instrumen reproduksi kekuasaan sekaligus sebagai sarana emansipasi manusia. Dalam konteks Indonesia, kebijakan dan kurikulum pendidikan mencerminkan konfigurasi politik yang dominan pada setiap periode sejarah. Namun, melalui paradigma dialogis dan emansipatoris sebagaimana dikemukakan Freire, pendidikan berpotensi menjadi kekuatan transformatif untuk melahirkan kesadaran kritis. Kontribusi utama artikel ini terletak pada sintesis konseptual antara teori kekuasaan klasik dan dinamika politik pendidikan Indonesia kontemporer, yang menawarkan kerangka reflektif-transformatif untuk memahami pendidikan sebagai arena dominasi sekaligus pembebasan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addina, N., & Hanif, M. (2025). Pendidikan dan Kekuasaan: Antara Pembebasan dan Dominasi Perspektif Michel Foucault, Pierre Bourdieu, dan Paulo Freire. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 196–210.

Ball, S. J. (2021). The Education Debate (3rd ed.). Bristol, UK: Policy Press.

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). No Title 済無No Title No Title No Title. 167–186.

Fakhriansyah, M., & Patoni, I. R. P. (2019). Akses Pendidikan bagi Pribumi pada Periode Etis (1901-1930). Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH, 8(2), 122–147.

Fernando, D. A., & Sirozi, M. (2024). Pengertian “Politik Pendidikan” dan Perbedaannya dengan “Pendidikan Politik” dan “Politisasi Pendidikan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10994–11000. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.2314

Freire, P. (2020a). Educação como redenção, reprodução e transformação. Revista Educação, Cultura e Sociedade, 4(2), 259–268.

Freire, P. (2020b). Pedagogy of the oppressed. In The Community Performance Reader.

Giroux, H. A. (2020). On Critical Pedagogy (2nd ed.). New York, NY: Bloomsbury Academichttps://doi.org/10.4324/9781003060635-5

Hardiyanti, H. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila: Paparan Sejarah Ideologi, Ideologi Pancasila dan Relevansinya di Era Digital. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities, 5(1), 52. https://doi.org/10.22146/sasdayajournal.73288

Mariani. (2024). Analisispemikiranpaulofreiretentangpendidikanyangmembebaskan. Adiba: Journal of Education, 4(4), 588–592.

Nurul Hasanah, Dhiyaa Aulia Muttaqin, Ikmawati Ikmawati, Z. U. (2025). Tantangan dan Peluang Profesi Guru di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5(2), 442–450.

Rifka Alkhilyatul Ma’rifat, I Made Suraharta, I. I. J. (2024). No Title 済無No Title No Title No Title (Vol. 2).

Rizvi, F., & Lingard, B. (2022). Globalizing Education Policy: An Introduction (2nd ed.). London, UK: Routledge.

Runfeng, Z., Yongfeng, Z., Jiangyi, C., & Peng, S. (2025). 张润锋 1 赵永峰 2 陈江义 1. 44(1).

Schmid, D. (2004). Uma entrevista com Michel Foucault. Verve. Revista Semestral Autogestionária Do Nu-Sol., 0(5), 240–259.

Simon, J. K. (1974). Michel Foucault on Attica: An Interview. Telos, 1974(19), 154–161. https://doi.org/10.3817/0374019154

Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tharaba, M. F. (2020). Pesantren Dan Madrasah Dalam Lintasan Politik Pendidikan Di Indonesia. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i2.25

Zaimuddin, A. A., & Muyasaro. (2020). RAUDHAH Proud To Be Professionals. x(14), 64–73.

Zamorni. (2005). Pradigma Pendidikan Masa Depan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Downloads

Published

2025-08-20